BANNER
Kursus Privat Bahasa Jepang, hubungi 087809586011
Anda pengunjung ke:
715847
User online : 8
Sabtu, 08 Mei 2010 - 12:35:49 WIB
Dibaca: 9531 kali

Pembahasan mengenai perbedaan ke-dua partikel ini memang selalu menjadi masalah bagi pembelajar bahasa Jepang. Memang agak sulit untuk membandingkan keduanya dikarenakan perbedaan yang sangat tipis. Pada postingan kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit penjelasan mengenai perbedaan antara kedua partikel tersebut.

Secara umum perbedaan antara wa dan ga adalah partikel wa digunakan sebagai menanda topik/tema kalimat sedangkan partikel ga digunakan sebagai penanda subjek. Bingung?? Tentu saja!!! Penjelasan diatas adalah penjelasan umum yang sering saya temui dan sebenarnya sama sekali tidak menjelaskan mengenai perbedaan tersebut.

Oke, sekarang saya coba untuk memeberikan contoh antar keduanya:

Mukashi, mukashi, otoko no hito ga
sunde imashita.
昔、昔、男の人が住んでいました。

Dahulu kala, tinggalah seorang pria.


Otoko no hito wa totemo
yasashikatta desu.
男の人はとても優しかったです。

Pria (tersebut) sangat baik hati.


Dari kalimat diatas mungkin kalian bertanya-tanya, kenapa ada yang menggunakan partikel ga dan ada yang menggunakan partikel wa. Nah, secara umum, apabila subjek kalimat baru diperkenalkan untuk pertama kalinya di dalam percakapan, maka partikel ga yang digunakan.  Sedangkan partikel wa digunakan apabila subjek kalimat (dalam konteks kalimat diatas adalah otoko no hito) sudah diperkenalkan sebelumnya.

Selanjutnya, bagaimana membedakan antara kalimat: watashi wa arif desu dengan watashi ga arif desu. Mana yang benar diantara 2 kalimat tersebut? Menurut saya keduanya benar!!! Lalu apa berbedaan antara 2 kalimat tersebut? Pebedaannya hanya terletak pada penekanan kata dari si pembicara. Apabila kamu mengatakan “watashi wa Arif desu” maka kamu menekankan kata Arif sebagai informasi yang ingin kamu tekankan. Dan apabila kamu mengatakan “watashi ga arif desu” maka kamu menekankan kata watashi sebagai informasi yang ingin kamu tekankan.

A: O-namae wa ?
    お名前は?
B: Watashi wa Arif desu. 
    私はアリフです。

A: Namanya?

B: Saya Arif.

Informasi yang ingin ditekankan adalah “Arif”.

A: Arif san wa dare desu ka. 
    アリフさんは誰ですか?
B: Watashi ga Arif desu. 
    私がアリフです。

A: Arif siapa/yang mana?

B: Saya Arif.

Informasi yang ingin ditekankan adalah “watashi”.

Sebenarnya masih ada beberapa point  lagi yang harus kalian ketahui dalam kaitan perbedaan antara  wa dan ga, namun untuk saat ini, saya hanya menjelaskan mengenai bagian yang paling sering ditanyakan. Apabila ada yang ingin menambahkan atau mungkin mengkoreksi penjelasan diatas, silakan tambahkan di halaman Facebook freejapanese.org.

 

Suka dengan materi ini? Kamu bisa share materi ini ke teman-teman kamu...



Administrator:

Anda tidak punya YM id?
Silahkan klik chatbox dibawah ini
 
Chatbox [-]
 
ekspresi hari ini
何処に行ってたの?
(doko ni itteta no?)

kemana saja sih?